Senin, 14 November 2011

perbedaan mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi


(tugas 2)
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMi

Kita sebagai manusia memiliki sifat sebagai makhluk sosial, ekonomi, politik dan religius. Keempat sifat manusia tersebut tidak dapat dipisahkan. Untuk dapat mencapai tujuan hidup yaitu diantaranya terpenuhinya kebutuhan hidup, hendaknya keempat sifat tersebut dikembangkan secara seimbang. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Namun perlu diingat bahwa dalam mengalokasikan sumber daya alam, kita perlu berhemat dan penuh perhitungan. Karena tidak semua sumber daya alam dapat diperbaharui.

A. Hakikat Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi

1. Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi (Homo Socius)
Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu membutuhkan keberadaan orang lain untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal tersebut sudah menjadi kodrat manusia. Karena pada dasarnya, manusia tidak dapat mengandalkan kekuatannya sendiri dalam menjalani proses kehidupan. Contohnya, seorang siswa seperti kalian tidak akan bisa mencapai prestasi yang gemilang tanpa adanya bapak dan ibu guru yang mengajar atau dukungan dari keluarga baik berupa materil ataupun sprituil.Coba kalian sebutkan kegiatan sehari-hari kalian yang selalu berhubungan dengan orang lain!

2Manusia sebagai Makhluk ekonomi (Homo Economicus)
Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan selalu berorientasi pada materi. Manusia akan terus mengejar kebutuhan materinya selama ia masih hidup, karena kebutuhan manusia akan terus bertambah seiring dengan kehidupannya. Sudah menjadi kodrat manusia bahwa apabila suatu kebutuhan terpenuhi maka akan muncul kebutuhan yang lain, begitu seterusnya. Karena sifat manusia tersebut tidak pernah merasa puas. Manuisa sebagai Homo Economicus yang matrealistis akan selalu bersikap rasional, artinya segala prilaku dan kegiatannya selalu didasarkan pada keuntungan yang bersifat materi.

B. Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi
Perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi mempunyai makna tindakan manusia dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi untuk memenuhi segala kebutuhannya. Sumber daya Ekonomi tersebut digolongkan menjadi tiga yaitu sebagai berikut:

1. sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam yang tersedia dan dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam kehidupannya, manusia sangat tergantung oleh alam, karena manusia tidak dapat hidup tanpa adanya bantuan dari alam. Sumber daya alam ini berupa tanah, air, tumbuh-tumbuhan, sinar matahari, hewan dan barang tambang.

2. Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan tenaga kerja yang memiliki peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Sumber daya manusia ini tidak dapat digantikan dengan mesin atau robot. Pemanfaatan sumber daya manusia sebagai sumber daya ekonomi sangat ditentukan oleh keahlian, keterampilan dan kompetensi yang dimilikinya. Contoh sumber daya ini adalah pendidik (guru atau dosen), tenaga medis (dokter atau perawat), seniman (aktor, penari atau pelukis) dan masih banyak lagi. Coba kalian sebutkan contoh lain dari sumber daya manusia selain yang tersebut di atas.

3. Sumber Daya Modal
Perusahaan dalam berproduksi membutuhkan beberapa sumber daya produksi. Salah satu di antaranya adalah sumber daya modal. Sumber daya modal merupakan benda ekonomi dalam bentuk barang atau jasa yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan barang lebih lanjut. Pembagian sumber daya modal dibedakan berdasarkan sifat, subjek, bentuk dan sumber sebagai berikut.
a. berdasarkan sifatnya
Menurut corak atau pemakaiannya, modal dibedakan menjadi:
1) Modal Tetap
2) Modal Lancar

b. berdasarkan subjeknya
Dari sudut kepemilikan, modal dibedakan menjadi:
1) Modal Perorangan
2) Modal masyarakat

c. berdasarkan bentuknya
Menurut wujud fisiknya, modal dibedakan menjadi:
1) Modal konkret
2) Modal abstrak

d. berdasarkan sumbernya
Berdasarkan pada sumber atau asal modal, modal dibedakan menjadi:
1) Modal sendiri
2) Modal asing

4. Sumber Daya Pengusaha Skil
Sumber daya pengusaha merupakan kemampuan seseorang untuk mengelola sumber daya ekonomi yang lain. Sumber daya pengusaha disebut juga manajemen yang mana di dalamnya meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Pemanfaatan sumber daya ekonomi yang ada, sangat dipengaruhi oleh kualitas dan kemampuan yang dimiliki sumber daya manusia itu sendiri. Jika kualitas yang dimiliki oleh sumber daya manusia bagus, maka hasil yang diharapkan juga akan tinggi. Kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh faktor pendidikan dan keterampilan yang dimilki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar