Senin, 14 November 2011

persamaan dan perbedaan ilmu budaya dasar dan ilmu pengetahuan sosial


(tugas 1)
ILMU BUDAYA DASAR

* Pengertian IBD

Pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di wilayahIndonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari kata "the Humanities".

Ilmu BUdaya dan pengetahuan budaya berbeda. Karena pengethauan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya.
Sedangkan Ilmu BUdaya dasar bukanlah ilmu tentang budaya melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan budaya.

* Tujuan IBD:

Dengan adanya mata kuliah IBD diharapkan mampu memberikan pengetahuan dasar dan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji masalah-masalh manusia dan kebudayaan.
Ilmu BUdaya Dasar merupakan salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan memperluas pemikiran serta kemampuan kritikal thdp nilai-nilai budaya.

Sehingga diharapkan :
1. pengusahaan dalam penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, agar mereka mampu menyesuaikan diri untuk beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya.

2. memperluas pandangan mahasiswa tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan pola pikir yang kritis terhadap persoalan-persoalan yang didalam keduanya.

3. Mengusahakan mahasiswa agar tidak jatuh dlam sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yg kuat.

4. mengusahakan wahana komunikasi akademisi agar mampu berdialog satu sama lain.


Pengelompokkan ILMU PENGETAHUAN:

Ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :

1.Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah

2.Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.

3.Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

* PERSAMAAN & PERBEDAAN IBD dan IPS

* Persamaan IBD dan IPS
Ilmu BUdaya dasar dan ilmu penegetahuan social mempunyei persamaan dan perbedaan adapun persamaan antara keduanya adalah :
1. Keduanya merupkan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran dan bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri

2. Keduanya mempunyei materi-materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah social.



* Perbedaan IBD dan IPS
Perbedaan diantara keduamya adalah adalah: Ilmu Budaya dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan ilmu social dasar diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan Ilmu social dasar merupakan salah satu mata kuliah tunggal, sedangkan ilmu penegetahuan social merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (Untuk sekolah lanjutan)
Ilmu budaya dasar diarahkan pada pembentukkan sikap dan kepribadian , sedangkan ilmu pengetahuan social diarahkan pada pembentukkan penegetahuan dan ktrampilan intelektual.

* RUANG LINGKUP:

Adapun ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar adalah:
a. Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah social tertentu. Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya

b. Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari masalah-masalah social.

Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan social. Bertolak dari kedua konsep tersebut diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat:

1). Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku
baik secara individual maupu kelompok.

2). Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.

c. Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan social yang antara satu dengan yang lainnya salaing berkaitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar